Zaenal Ahmad, S. Ag


Lahir pada tanggal 25 Mei 1975 ZAENAL AHMAD, S Ag adalah anggota KPU termuda. Bersama dengan dua anggota KPU yang lain menjalankan tugasnya di KPU selama dua periode. Piawai menangani urusan pemungutan dan penghitungan suara , karena selama dua periode masa tugasnya di KPU selalu dipercaya memimpin Divisi Teknis Pemilu. Ayah dari Mazaya Haifa Az Zahra dan suami dari Fitriana Masruroh SH pada Pemilukada 2010 ini juga menangani divisi pencalonan

Alumnus fakultas Uhuluddin IAIN Sunan Kalijaga tahun 2001 ini selama mahasiswa aktif di Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ) Komisariat Fakultas Ushuluddin, juga mengurusi masjid dan Taman Pendidikan Al-Qur’an di masjid Nur Siddik Umbul Harjo Jogjakarta. Selain di KPU ayah satu anak ini juga menjadi memimpin Lembaga Pendidikan PRISMA dengan metode khusus “Kalkulator Tangan”, yang dikembangkannya dengan konsep waralaba. Obsesinya dalam bidang pemilu adalah ingin menjadikan KPU Wonosobo sebagai lembaga yang selalu mengawal demokrasi dan bisa menciptakan pemimpin –pemimpin bangsa yang amanah. Obsesi terbesarnya adalah menjadikan Lembaga PRISMA mempunyai cabang di seluruh Indonesia karena dengan demikian ilmu yang yang dikembangkannya bermanfaat bagi bangsa dan Negara, dunia pendidikan adalah salah satu dunia yang sangat dicintainya. Motto hidupnya adalah “khoirunnas yangfa’uhum linnas”, Sebaik-baik manusia adalah yang bisa memberikan manfaat terbanyak bagi masyarakat “.

Soegeng Koeranto


SOEGENG KOERANTO, merupakan salah satu anggota KPU Kabupaten Wonosobo yang baru. Suami Retno Eni Nugrohowati kelahiran Wonosobo 4 Mei 1953 ini paling lama terjun di dalam kegiatan kepemiluan. Pengalamannya dalam penyelenggaraan pemilu tidak perlu diragukan lagi, mulai dari tahun 1982 hingga terakhir menjabat sebagai Kasubbag mendampingi KPU Kabupaten Wonosobo periode tugas tahun 2003 – 2008. . Keterlibatannya dalam lembaga penyelenggara Pemilu dilakukannya sejak lembaga tersebut bernama Panitia Pemilihan Daerah (PPD). Jabatan yang pernah diembannya antara lain; Sekretaris Panwas Kabupaten (pada Pemilu 1982 dan pada Pemilu tahun 1987), Kabag Perbekalan dan Perhubungan Pada PPD II kabupaten Wonosobo ( Pemilu 1992, 1997 dan 1999), Kasubbag Teknis Penyelenggaraan di sekretariat KPU Kab. Wonosobo (pada Pemilu 2004, Pilkada 2005 an Pilgub 2008).

Kakek dari Ferdo Alensky (3 tahun) dan ayah dari Resty Ayunindyah (Astrid) dan Fajar Edi ini tinggal di Tosari, Jaraksari Wonosobo. “Menjadi anggota KPU Kabupaten Wonosobo merupakan anugrah terindah di akhir tugasnya sebagai PNS”, di sela-sela persiapannya memasuki masa pensiun Mei 2009 yang akan datang. Di kepengurusan KPU Kabupaten Wonosobo tahun 2008-2013 Divisi Umum, Rumah Tangga dan Organisasi menjadi tanggung jawabnya.

Satu hal yang sangat diyakininya adalah hidup itu harus berguna dan kejujuran adalah salah satu kehormatan.



DRS. H. NGARIFIN SHIDDIQ, MPd I,
Bapak dari Asof, Naja ,Amelia dan Rosada ini biasa di panggil Pak arifin. Pembawaan yang bersahaja, tutur kata yang santun terlihat jelas ketika berbincang dengan beliau. Dalam keanggotaan KPU Kabupaten Wonosobo suami dari Luthfiati, SE ini bukanlah orang baru, beliau juga sebagai Panwas Pemilu 1999, anggota merangkap Ketua pada periode 2003-2008. Bapak kelahiran Wonosobo 3 Juni 1970 yang berprofesi sebagai dosen UNSIQ Wonosobo ini bertempat tinggal di Kalibeber Mojotengah Wonosobo. Alumnus IIQ Wonosobo dan Universitas Islam Malang (S2) ini temperamennya memang tenang. Di keanggotaan KPU Kabupaten Wonosobo beliau sebagai Ketua/Anggota yang bertanggungjawab pada Divisi Hukum, Pengawasan, Humas, Data informasi dan Hubungan Antar Lembaga. Dalam organisasi bapak yang satu ini sebagai Ketua Nahdlatul Ulama Kabupaten Wonosobo untuk masa kepengurusan tahun 2007-2012 juga diberbagai organisasi yang lain seperti MUI Kab Wonosobo, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan pengurus di beberapa yayasan. Berkebun dan membaca adalah hobby-nya, ”Dadiyo wong sing biso rumongso, ojo dadi wong sing rumangso biso” adalah semboyan hidupnya.

 Shofia Nugrahani, SP


SHOFIA NUGRAHANI,SP
Lahir di Sukoharjo, 16 Juni 1969. Perempuan yang menyelesaikan studi S1 nya di Institut Pertanian Bogor ini merupakan satu dari tiga KPU lama yang terpilih kembali menjadi anggota KPU masa bakti 2008 – 2013. Untuk periode ini, Bu Shofi, demikian panggilan akrabnya, semula bertanggungjawab di Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik, sebuah divisi yang kurang lebih sama dengan divisi yang diampu sebelumnya. Dalam perjalanan pelaksanaan tugas beliau dipercaya menangani Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Pengembangan SDM dan Kampanye. ’Hanya mencoba menjadi manusia yang bisa memberikan manfaat’ begitu argumentasi istri dari Ir. Priyo Tri Hudoyo ini, ketika disoal mengenai keterlibatannya kembali di KPU Wonosobo

Selain berkiprah di KPU, ibu dari Zia Ghifari Muhammad, Rashda Bintang Muhammad dan Syafiera Alma Raudhiaini juga aktif sebagai pengusaha yang mengelola dan memimpin CV. PRIMAKARYA KONSULTAN, sebuah perusahaan konsultan teknik, yang didirikan dan dikelolanya bersama suami sejak tahun 2000.

Alumnus Jurusan Agronomi Institut Pertanian Bogor ini semasa mahasiswa memilih aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Bogor, sebagai wadah pendewasaan dirinya. ‘Di HMI lah pertama kali saya belajar berorganisasi dan belajar peduli pada dinamika yang terjadi di sekeliling kita’ jelasnya. Saat ini ,untuk menyalurkan energinya , perempuan satu ini memilih aktif dalam jajaran Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah dan ‘Aisyiyah Kabupaten Wonosobo. Aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan gerakan pemberdayaan perempuan, penyetaraan dan keadilan gender sangat menjadi perhatiannya.

Satu hal yang sangat diinginkan dan masih terus diupayakannya adalah ingin menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya.

Astuti Farida, S. Si

ASTUTI FARIDA, SSi. Lahir di Klaten, Jawa Tengah pada tanggal 1 Maret 1972. Diantara anggota KPU Kabupaten Wonosobo, beliau adalah satu-satunya orang baru. Berawal dari pengalamannya sebagai Gastarlih dan KPPS PilGub 2008 serta PPDP Pileg 2009 Kelurahan Kalianget Wonosobo mengantarnya sebagai anggota KPU.
Istri dari Luthfi Rokhman, SE ini, sebelumnya aktif bekerja di Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Asisten Peneliti dan di BPKS Fakultas Geografi UGM sebagai asisten Tenaga Ahli untuk bidang demografi. Prinsip ‘belajar sambil bekerja’ menjadikannya pribadi yang tidak mudah menyerah untuk mencoba hal-hal baru. Ibu dari Nisrina Fajari dan Fadia Nurina ini, merupakan alumni Fakultas Geografi, Jurusan Geografi Manusia, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang saat ini tinggal di Perumahan Argopeni Indah Wonosobo.
Semula, perempuan yang gemar bercanda ini membawahi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, yang dalam perjalanannya berganti tanggung jawab dengan memimpin Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik.” Pada dasarnya saya adalah orang yang sangat aktif, saya butuh banyak kegiatan untuk membuat hidup saya tetap bernergi’, demikian penjelasannya ketika ditanya mengenai manajemen waktunya antara tugas domestik dengan tugas-tugasnya di KPU yang sangat menyita waktu.
You are here: Home Profil Anggota